Halaman

Sabtu, 19 Oktober 2013

cara merawat kuku bayi ^^

           Pemotongan kuku bayi yang baru lahir bisa sangat menegangkan bagi orangtua dan bayi tersebut. Meskipun anda telah berpengalaman sekalipun dalam merawat bayi akan tetapi perasaan menegangkan akan menggangu anda, hal tersebut wajar saja karena berhubungan dengan rasa khawatir jika akan menyakiti bayi anda. Anda bertanya tanya kapan waktu yang tepat untuk memotong kuku bayi. Memotong kuku bayi dengan segera. Bahkan Anda mungkin perlu untuk memangkas kuku dua kali seminggu atau lebih dalam beberapa minggu pertama setelah kelahiran bayi anda. Jari bayi baru lahir sangat kecil dan kuku tumbuh dengan cepat. Pemangkasan diperlukan untuk menjaga kuku yang cepat tumbuh. Kuku kaki bayi baru lahir tumbuh lebih lambat dari kuku tangan dan harus memerlukan pemangkasan sekali atau dua kali sebulan. Merawat kuku bayi dengan cara yang sederhana yaitu memotongnya dengan menggunakan alat atau gunting kuku khusus bayi.

       Gunting kuku bayi disarankan yang tajam untuk memudahkan menyesuaikan dengan bayi yang aktif bergerak. Anda memang harus berhati hati tapi bukan berarti harus bersikap tegang usahakan untuk tenang dan santai selama melakukan pemotongan kuku bayi. Anda dapat memulainya dengan memegang tangan bayi di atas tangan anda untuk mengurangi rasa kekhawatiran anda. Untuk beberapa saat bayi akan merespon dengan gerakan sehingga terkesan menjauh akan tetapi ketika anda dapat menjaganya beberapa waktu kemudian bayi anda akan terbiasa. Penting untuk diingat bahwa memotong kuku bayi adalah satu hal yang harus anda lakukan secara teratur mengingat bayi yang mulai aktif, kuku yang dibiarkan tanpa dirawat akan melukai dirinya sendiri ketika lepas kontrol menggaruk bagian wajahnya. Meskipun merawat kuku bayi merupakan hal yang terpenting tetapi untuk usia bayi anda sebaiknya dipotong dengan benar yaitu secara merata sehingga mengurangi resiko infeksi dan terluka.
Pada usia bayi perempuan memasuki usia 12 bulan biasanya mereka sudah belajar meniru begitu juga dengan meniru mengenakan cat kuku. Padahal cat kuku tidak disarankan untuk usia bayi, hal ini berkaitan dengan bahan kimia yang terkandung di dalam cat kuku. Jika salah satu cat kuku mengelupas dan bayi dalam fase oral (memasuki benda ke mulutnya). Hal ini dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit dan gangguan pada perut. Bagi anda yang akan melakukan perawatan kuku pada bayi anda sebaiknya pilih tempat yang cukup terang dan mencari posisi untuk memegang bayi yang nyaman sehingga bayi Anda akan memberi Anda akses  yang mudah untuk memotong kuku tangan atau kakinya. Pegang telapak tangan dan kaki bayi Anda dan jari dengan satu tangan. Tekan ke bawah dengan lembut pada kulit di ujung jari untuk membersihkan setelah memotong kuku, termasuk bagian sisinya. Bagi anda yang akan melakukan perawatan kuku bayi memang tidak mudah akan tetapi anda bisa mengakalinya diwaktu bayi anda tidak sedang aktif bergerak. Anda bisa melakukan pemotongan kuku bayi sehabis mandi dengan mengajaknya berkomunikasi atau ketika bayi anda sedang tidur. Bila anda masih kesulitan Anda mungkin juga bisa meminta seseorang untuk memegang bayi saat Anda memotong kukunya. Bila terjadi kesalahan dalam merawat kuku bayi sampai mengeluarkan darah anda sebaiknya tidak panik berikan pertolongan pertama dengan obat luka untuk bayi dan kasa steril. Adapun bila anda menemukan kulit di sepanjang kuku bayi berubah merah, mengeras atau menjadi meradang, sebaiknya anda menghubungi dokter anak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar